Selasa, 15 November 2011

MALU SAMA FEI.




10.27 pm.
Badan, tulang punggung, sampe ke leher kayaknya udah mau rontok.
Tapi rasanya cerita yang satu ini gak bisa gue simpen sampe besok...

Hari ini menyenangkan.
Photo shoot pertama selama gue bekerja di sini.

Bertemu Fei, photographer laki-laki cina kelahiran Malaysia, tapi udah lama jadi warga negara Singapura. Orang yang sangat menyenangkan, berumur sekitar akhir 30-an. Di sela break sesi foto, dia bercerita tentang pengalaman terakhirnya, beberapa hari lalu dia ke Indonesia untuk pre-wedding photoshoot. Diawali dengan gerak tangan, dia memulai ceritanya...

(Kira-kira begini kalo di terjemahin ke bahasa...)

Fei:
"Hey..hey... minggu lalu gue ke Indonesia, ada kerjaan di sana. Gue baru tau, ada candi hindu yang gak kalah keren dari Angkor Wat. Gue liat itu di Jogja, nih dia... (sambil nunjukkin foto Candi Prambanan di iPad-nya...). Heran gue, candi ini detail banget. Dan waktu gue jalan sekitar jalanan di Jogja, gue nemu ini (nunjukkin foto becak), hahaha...this is so classic! Beautiful!"

"Gue lanjut jalan ke daerah Solo. Oh my Gosh! Gue nemu tempat keren banget man! Semua keliatan perfect di kamera gue. Nih dia nih...this is called KARATON, is it? (Nanya ke gue)." Kemudian gue membetulkan...It's Keraton. (Pake senyum).

Tangan yang tadi bergerak, kini matanya yang bertutur.
Melotot...melotot...dan makin melotot tanda dia excited banget (walau percuma juga sih, gak bakalan belok' juga keliatannya..hehe)

"Nih nih...gue juga kesini juga, one of the 7 wonders! (dia nunjukkin foto Borobudur yang dia ambil dari salah satu hotel dengan best view). Ow man! I can't imagine how they built this huge temple! Kalo lo nyentuh statue di dalem stupa ini, you can make a wish and will dream come true! Eh tapi, kayaknya batu2nya banyak yang replika ya? Bodo ah, tetep keren!!"

*well, sebenernya gue pengen benerin ke dia, kalo Borobudur gak pernah masuk dalam 7 wonders. Tapi males ah jelasinnya, pegel man nerjemahinnya! Haha...

Sambil ngunyah Mc Spicy Chicken yang baru aja di aoreder, dia lanjut ngoceh... Kali ini gak melotot lagi, tapi justru memicingkan matanya ke arah gue. Ya, gue.

"Lo tau Komodo Island kan? Gilaaakk maaannn! Gue pengen banget kesana, tapi kayaknya semenjak masuk nominasi 7 wonders yang baru, jadi mahal banget ya. Trus, itu Komodo bener2 udah langka. Kebangetan lah kalo sampe punah juga! Ya nggak Rahma?"

*Haha...kali ini gue gak menanggapi soal kepunahan. Tapi gue justru ngasih tau kalo Komodo Island itu masuk 7 wonders by voting. Fei pun ngangguk2 sambil bilang...ooooo....

This is the best part.

"And yeah! If there's a heaven on earth, i think i've been there! You know Rahma... Gue juga ke BROMO! Wah gila ya...waktu gue nongkrongin sunrise dari atas, tuh awan turun semua...smoookeeeyy... Dan gue mendadak berasa di Jurrasic Park! Awesome! Heaven!!!"

*gue? tetep ngunyah mc nuggets sambil ngangguk2... sesekali senyum, nahan pedes :)

Kalimat terakhir Fei:
" Hey Rahma...you have a heavenly country! Should proud of it laah...!"

Dia mengakhiri ceritanya.
Gue diem.
Entah karena kekenyangan, atau mendadak mikir.

_____________________________________

Oke. Fei ini orang Singapore yang baru aja ke Indonesia, trus kagum.
Pola cerita yang sama waktu gue pulang dari Maya Bay Thailand.
Cerita lebaaaaay...kayak baru pulang dari sorga.

Tapi, kali ini... gue gak cerita tentang negara lain.
Tapi orang lain yang cerita tentang negara gue.
Adalah basi buat gue, denger orang ngomong Indonesia tuh keren, cantik, zamrud khatulistiwa, atau apalah.

Gue juga tau kalo Indonesia itu kece.
Tau dari mana?
Ya Google images lah! hehehe....

Tapi....
Fei ini cerita soal Jogja dan Solo. Bukan Raja Ampat. Bukan Bunaken. Bukan Lombok. Bukan Hutan Kalimantan. Bukan Wakatobi. Bukan Pantai Belitung. Bukan Bali.

Jogja dan Solo itu terlalu sederhana di mata kita. (Kita??? elo doang kaliii...)
Tapi istimewa di mata orang asing.
Bromo itu cuma seonggok gunung volkano aktif, yang beberapa kali buat lokasi syuting.
Tapi sebuah taman Jurrasic buat orang asing.
Keraton Solo? Kayaknya terakhir gue kesana, gue cuma nyari wedang ronde dan sesekali motret mbok-mbok lewat.
Tapi Keraton Solo adalah eksotis buat orang asing.

Gue mendadak malu.
Entah malu atau emang selama ini gak mau tau.
Tapi untungnya gak lama-lama sih malunya, kemudian berubah bangga.
Mungkin Fei benar....negri gue itu sorga di bumi.
Fei lebih dahulu menyadari itu daripada gue.

Fei menyeruput Coke-nya sambil geleng-geleng ngeliatin foto Brorobudur hasil karyanya.
Gue mulai bisa mendengar suara hatinya.

_______________________

Gue?
Udah terlanjur beli tiket ke Tokyo maret depan.
Kemudian tersadar kalo sekokoh apapun Tokyo Tower gak akan pernah terlihat seindah Candi Prambanan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar