Minggu, 23 Oktober 2011

BEDA ITU SERU!




Gue orang Indonesia. Walaupun hidup di lingkungan yang heterogen, tapi gue hidup sebagai mayoritas. Gue muslim, berbahasa Indonesia seperti lainnya, tinggal dan bersosialisasi dengan orang-orang yang juga cenderung punya interest yang sama.

Menjadi mayoritas memang sebuah 'kemudahan' yang tidak perlu saya perjuangkan. Tapi, pernah gak sih terbayang kalau di satu moment di hidup kita, tiba-tiba kita berada di lingkungan yang totally beda dan berkali lipat lebih heterogen dari hidup kita sebelumnya?

Beda itu seru.
Beda itu bikin hidup kita 'kaya'.

Bekerja di kantor dengan 5 warga negara dan 6 bahasa yang berbeda, tinggal serumah dengan lebih dari 3 warga negara dan 4 bahasa yang berbeda. Belum lagi soal kepercayaan. Muslim, hindu, kong hu chu, buddhist, kristiani...semua bisa gue temui dengan presentasi yang nyaris sama. Apa gue masih bisa menuntut 'kestimewaan' sebagai mayoritas? Hmm tentu saja nggak :)

Beda itu seru.
Tinggal di negara multikultural yang sangat kompleks, sebenarnya sebuah pengalaman yang menyenangkan. Bicaralah dengan semua orang, maka kita mungkin akan belajar dari segala perbedaan. Oooh...ternyata di bumi yang kita pijak ini ada banyak kepentingan manusia yang masing-masing sudah pasti merasa apa yang menjadi takdir dan kepercayaannya adalah yang paling benar :)

Kalau Indonesia sudah bisa berbesar hati bahwa sebenarnya kita, Indonesia, juga negara kaya dengan keragaman yang lebih kompleks...mungkin kita bisa lebih akur dan hidup rukun ya?

Beda itu seru.
Bener deh! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar